Introduction to Android Development

Leave a comment

April 5, 2013 by andez

Android adalah sebuah sistem operasi pada smartphone yang dikembangkan oleh Google. Android bersifat open source dan terus dikembangkan oleh Google sampai sekarang. Android telah berada di bawah Google sejak tahun 2005, namun Google baru merilis android sebagai sistem operasi mobile (versi 1.1) di tahun 2009. Tak butuh waktu lama (sekarang 2013) android telah menjadi operating system smartphone paling popluer. Dan sekarang android sudah mencapai versi 4.2. List lengkap versi android ada di sini [1]

Apa yang menjadi motivasi untuk mengembangkan aplikasi android?

Android sangat populer sekarang ini. Untuk ranah smartphone, android adalah pemimpinnya. So aplikasi android pasti banyak dibutuhkan bukan? (makin banyak user, makin banyak aplikasi yang dibutuhkan pula). Android disupport oleh Google (raksasa IT) sehingga membuatnya menjadi teknologi yang seharusnya bisa bersaing dengan teknologi lain / kompetitornya. Android juga bersifat open source di bawah apache license. Point-point lainnya mengenai kelebihan mengembangkan aplikasi android sbb :

  • Gratis. Semua yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi android gratis, mulai dari Software Development Kit(SDK), tools sampai IDE nya.
  • Freedom to elaborate and innovate. Developer android bisa secara bebas berkontribusi untuk mengembangkan android itu sendiri. Misal kita bisa  mengcustom atau menambahkan library / fiture ke dalam sistem operasi sesuai kebutuhan kita. Kita juga bisa ikut berkontribusi untuk mngembangkan API android itu sendiri.
  • Multiplatform support. Android didukung oleh banyak vendor hardware sehingga dapat diinstall dibanyak device (smartphone mapun tablet) yang telah disupportoleh Android sebelumnya. Untuk pengembangan juga dapat dilakukan di berbagai sistem operasi : Windows, Linux dan Mac OS.
  • Google Market / Google Play. Developer android dapat dengan “mudah” mendistribusikan aplikasinya lewat Google Market. Google Market adalah tempat penyedia aplikasi (yang terbanyak) untuk smartphone.
  • Well documented resource and example. Untuk pemula, seharusnya dapat mendalami android dengan cepat dikarenakan di internet tersedia banyak tutorial, source code, example, atau forum tentang android. Salah satu powerful resource belajar andorid adalah http://developer.android.com/index.html, disitu kita bisa temukan dengan jelas bagaimana instalasi dan setup android untuk pertama kali, dokumentasi API sampai advanced tutorial. Sebagai gambaran first step bagaimana mengembangkan android kita bisa lihat di sini [2]

Requirement untuk mengembangkan aplikasi android

Untuk mengembangkan aplikasi android, kita membutuhkan SDK Android. Untuk IDE kita bisa menggunakan EcLipse. Eclipse yg direkomendasikan ialah yg versi classsic[3]. Selanjutnya pada eclipse tadi kita harus menginstall ADT (Android Development Tools). ADT adalah plugin eclipse untuk pengembangan android. Untuk menginstall ADT langsung dari eclipse kita bisa lihat cara nya disini [4]. Atau jika mau menginstall secara offline, ADT dapat kita download di sini.  Jadi berikut adalah requirement yang kita butuhkan:

Sekian, selamat menginstall android 🙂

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Android_version_history

[2] http://developer.android.com/training/basics/firstapp/index.html

[3] http://stackoverflow.com/questions/3792306/which-eclipse-version-should-i-use-for-android-app

[4] http://developer.android.com/sdk/installing/installing-adt.html

Baca juga :  http://mobile.tutsplus.com/tutorials/android/introduction-to-android-development/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: