Common Fitures When You Build Mobile App

Leave a comment

March 21, 2013 by andez

Menyambung tulisan saya di sini mengenai fitur atau hal-hal yang sering kita jumpai sebagai request dari user, maka saya akan coba menuliskan kembali hal-hal yang biasa kita kerjakan, namun kali ini dalam lingkungan aplikasi mobile (mobile application). Aplikasi mobile maksudnya ialah aplikasi yang diinstall atau dijalankan melalui sebuah device (dengan spek terbatas, ukuran kecil, bisa dibawa kemana-mana / mobile) yang umumnya merefer pada handphone/smartphone.

Terkoneksi dengan Application Server

Keterbatasan device dan environment membuat aplikasi mobile kebanyakan tidak berdiri sendiri / standalone. Biasa nya aplikasi mobile membutuhkan server. Jadi aplikasi mobile bertindak sebagai client. Aplikasi server ini berguna untuk memproses data, menjalankan suatu proses, menghubungkan dengan RDBMS atau storage lain, menyimpan data dll. Bagaimana cara berhubungannya? Nanti akan saya bahas di post terpisah :D.

Cache

Teknik cache ini bagus (sangat recommend diimplementasikan), supaya aplikasi tidak terkesan lambat dan terkesan selalu “terhubung” dengan server. Data apa saja yang butuh dicache? Misal profile user, favorites, banner iklan, user image dll. Teknik cache ini cukup rumit pengerjaannya loh 😀 Karena jika ada perubahan data di server, maka data yang sebelumnya kita cache juga harus diupdate. Pertimbangan lainnya juga mengenai berapa size data yang kita cache, jangan sampai memakan memory atau pun disk dari device kita (sd card misalnya)

Background Proses

Betul, proses yang dijalankan di belakang atau tidak terlihat oleh user secara langsung. Misalkan aplikasi kita mempunyai proses yang (baiknya) dijalankan saat aplikasi ditutup. Jadi saat aplikasi ditutup sebenarnya proses kita ini baru dijalankan. Contohnya aplikasi mempunyai semacam  timer untuk melakukan sebuah proses seperti ambil image untukadvertisement, cek “updated version” aplikasi dll.  Hal yang perlu diingat jangan terlalu banyak melakukan hal yang berat secara sekaligus (lama proses nya), karena akan tetap mempengaruhi penggunaan CPU dan memory device. Nanti user nya bilang : “Ko handphone gue tetap lemot ya,  padahal gue udah ditutup nih aplikasi” hehe :))

Multimedia

Your device is your entertainment. Begitu lah kira-kira. Banyak aplikasi di pasaran yang berhubungan dengan entertainment seperti memainkan musik (file mp3), video, recording, view image dsb. Ya requirement dari aplikasi semodel ini ga jauh-jauh dari download lagu, play mp3 atau video dll. Yang susah pengerjaan nya jika ada requirement untuk play mp3 atau video secara streaming 😀 ataupun download file mp3/video dengan fitur bisa dipause dan diresume 😀

SMS and Phone

Fitur ini sudah menjadi fitur “wajib” yang sering saya temui saat membangun aplikasi mobile ataupun menggunakan sebuah aplikasi mobile. Biasanya fitur ini mempunyai nama kira-kira : “Share this app” / “Share to friends“. Fitur ini bisa mengirim sms kepada teman kita. Isi dari sms nya adalah semacam informasi bahwa kita menggunakan aplikasi ini. Sedangkan contoh untuk fitur phone seperti  aplikasi yang menampilkan list produk / list suatu barang dengan memuat informasi nomor kontak telepion yang dapat dihubungi, aplikasi nomor telpon publik umum, aplikasi pemesanan makanan, taksi dan masih banyak yang lainnya.

Read / Send Email

Maksud email disini adalah email yang disediakan oleh beberapa provider email besar dan banyak penggunanya seperti yahoogmailhotmail dll. Jadi aplikasi kita dapat mengirim dan menerima email. Note: Jika langsung didevelop di sisi device akan memakan effort yang besar, biasanya proses send dan retrieve email ini dilakukan di sisi server.

Connected with Social Media

Connected with Social Media  menjadi tren beberapa tahun belakang ini. Hampir semua aplikasi mobile terhubung dengan social media seperti facebook dan twitter. Biasanya aplikasi akan meminta account suer di social media untuk kemudian aplikasi akan meng-update status fb / twitter user. “Hi i just use bla bla bla application for helping to …. ” dst. Kata-kata yang digunakan kira-kira seperti itu. Ya sekalian  untuk promo ke social media lah…..

Sekian nanti saya akan coba update lagi, namun sekarang saya sudah tidak intens lagi mengembangkan aplikasi mobile (karena tuntutan pekerjaan) namun jika ada hal baru yang saya ketahui nanti akan saya update lagi disini tentunya

R.F.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: